//TGC NEWSLETTER

TGC NEWSLETTER

‘TGC Newsletter’ kembali untuk memberikan informasi internal Tree Grower Community (TGC), supaya kita bisa kembali mengingat keseruan bersama selama 6 bulan ke belakang nih! Penasaran? Langsung aja yuk!

TGC 2021/2022 Welcome party
TGC Welcome Party kepengurusan 2021/2022 Kabinet Senandaru, yang dilaksanakan pada Minggu, 19 Desember 2021, merupakan salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh TGC dalam rangka menyambut kepengurusan dan pengenalan anggota baru TGC kepada akang, teteh, bapak, dan ibu dosen. Setelah setahun lamanya kepengurusan periode 2020/2021, akhirnya TGC mendapatkan wajah-wajah baru di periode 2021/2022 nih! Kepengurusan TGC baru yang dinamai Kabinet Senandaru ini diketuai oleh Kang Ruhul Hazuma Satya Qolbi (SVK 56) bersama wakilnya, Kang Satria Adam (SVK 57).
Walaupun dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting, acara welcome party ini tidak kalah serunya loh karena turut serta dihadiri oleh:
– Ketua Departemen Silvikultur, Dr. Ir. Omo Rusdiana, M.Sc;
– Sekretaris Departemen Silvikultur, Dr. Erianto Indra Putra, S.Hut., M.Si.;
– Komisi Kemahasiswaan Departemen Silvikultur, Lufthi Rusniarsyah, SP. M.Si.;
– Dewan Penasihat Organisasi TGC, Dr. Ir. Cahyo Wibowo, M.Sc.F.Trop.;
– Dewan Penasihat Organisasi TGC, Dr. Ir. Irdika Mansur, M.For.Sc.;
– 6 orang akang teteh dari Badan Pengawas dan Konsultasi Pengurus Himpunan profesi (BPKPH);
– serta 70 orang pengurus TGC yang meramaikan acara dengan gelak canda dan tawa.
Tidak hanya perkenalan kepemimpinan dan anggota baru di TGC, tetapi ada games seru juga yang dilaksanakan. Waaah keren banget yaaa walaupun terkendala situasi pandemi pada saat ini, tetapi kabinet senandaru masih tetap semangat! :D

RAPat pengurus 2021/2022
Temen-temen ingat kan kalau TGC sudah pernah melaksanakan rapat pengurus perdana pada hari Senin, 27 Desember 2021. Rapat pengurus kali ini dilakukan secara virtual menggunakan Zoom Meeting. Meski sudah dihantui bayang-bayang liburan, para pengurus tidak patah semangat nih, terlihat dari ramainya acara ini yang turut dihadiri oleh jajaran Bapak dan Ibu Dosen Departemen Silvikultur.
Semua kadiv terlihat semangat dalam memaparkan seluruh tugas pokok dan fungsi (tupoksi), proker, dan kegiatannya yang akan dilaksanakan dalam satu tahun ke depan dari masing-masing divisi nih! Semangat ya! Rapat ini dilaksanakan dengan khidmat tanpa adanya gangguan. Terima kasih banyak untuk bapak dan ibu dosen, serta akang dan teteh BPKPH yang telah menyempatkan diri untuk hadir dan menyampaikan kritik dan saran, agar kami dapat menjalankan tugas dengan baik!

ngariung pengurus Tgc
Pengurus TGC juga sudah melaksanakan kumpul pengurus pada hari Sabtu, Maret 2022. Ngariung pengurus dilaksanakan di dua waktu yang berbeda nih, yaitu pada sore hari di platform Zoom Meeting untuk menyampaikan progres dari masing-masing divisi dan dilanjutkan dengan adanya bermain games bersama. Selain itu, ngariung pengurus dilakukan secara offline pada malam hari yaitu dengan bermain futsal bersama. Banyak sekali akang dan teteh yang datang dalam ngariung pengurus ini dengan antusias.
Tgc staff of the months january-March
Nah Divisi HRD memiliki salah satu kegiatan baru nih di kepengurusan saat ini, yaitu TGC Staff of the Months. Kegiatan ini merupakan apresiasi terhadap staf TGC yang memang kinerjanya dinilai yang terbaik dengan yang lain. Tiap bulannya akan dipilih 2 orang untuk menjadi TGC Staff of the Months. Staf terbaik yang terpilih akan mendapatkan 1 buah mug yang berlogo TGC Staff of the Months. Di bulan Januari ada Diesty Nur F dari divisi BD dan Kintan Alifioni dari divisi SI. Pada februari terdapat M. Ananda Rizky S dari divisi CI dan Rahmania Insani dari divisi BD. Serta bulan maret ada Satria Adam dari BPH dan Ayudia dari divisi PD.
AKSi 2022
Acara Keluarga Silvikultur 2022 atau yang sudah biasa kita sebut dengan AKSI, merupakan acara tahunan yang dinaungi oleh divisi HRD Tree Grower Community. Tahun ini AKSI diketuai oleh kang Alvin Raihan dari Silvikultur 57. AKSI 2022 memiliki tema Kehangatan di Silvikultur. AKSI 2022 ini juga dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 April 2022 dan dilaksanakan secara hibrid melalui platform Zoom Meeting untuk akang teteh peserta, sedangkan panitia melaksanakannya di studio silvikultur. Banyak peserta yang menyempatkan waktunya untuk hadir di acara ini untuk saling bersilaturahmi satu sama lain, mulai dari akang teteh angkatan 50 sampai teman-teman angkatan 58. Acara ini juga tidak kalah meriah karena kehadiran dari bapak dan ibu dosen departemen silvikultur yang turut meramaikan AKSI 2022 yang dihadiri oleh:- Ketua Departemen Silvikultur, Dr. Ir. Omo Rusdiana, M.Sc;
– Wakil Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Dr. Ir. Noor Haneda, MS;
– Sekretaris Departemen Silvikultur, Dr. Erianto Indra Putra, S.Hut., M.Si;
– Komisi Kemahasiswaan Departemen Silvikultur, Pak Lufthi Rusniarsyah, SP. M.Si;
– Dewan Penasihat Organisasi Tree Grower Community, Dr. Ir. Irdika Mansur, M.For. Sc;
-Dewan Penasihat Organisasi Tree Grower Community Dr. Ir. Cahyo Wibowo, M.SC.F.Trop;
– Prof. Dr. Ir. Nurheni Wijayanto, MS;
– Dr. Ir. Istomo, MS;
– Dr. Ir. Ulfah Juniarti, M. Agr;
– Dr. Ir. Iwan Hilwan, MS;
– Dr. Ir. Elis Nina Herliyana, M.Si;
– Dr. Adisti Permatasari Putri Hartoyo, S.Hut., M.Si;
– Pak Bayu Winata, S.Hut., M.Si.


Tidak hanya dosen dan civitas mahasiswa dan akang teteh alumni saja yang hadir, tetapi dari mamang dan bibi juga ikut memeriahkan acara ini, dan kehadiran mamang dan bibi juga merupakan acara penutup dari AKSI 2022 yaitu apresiasi mamang bibi. Waaah, AKSI 2022 ternyata tidak kalah serunya dari AKSI yang sebelumnya, semoga dengan adanya acara tahunan ini dapat menjalin tali silaturahmi yang erat untuk seluruh civitas silvikultur IPB.
BD merchandise
Divisi BD (Business Development) sendiri memiliki 2 kegiatan baru yang sudah dilaksanakan. Kegiatan yang pertama, BD menyediakan nasi uduk yang dinamakan “SI UBE” Nasi Uduk BD dengan harga yang cukup sesuai bagi kita yaitu 10 ribu rupiah dengan komposisi nasi uduk, tempe orek, bihun dan telur balado. Nasi uduk ini bisa diantar ke kelas praktikum maupun ke kost-an terdekat. Kedua dari divisi BD sedang mengadakan Open Pre-Order Tree Grower Community Apparel. Adapun harga kaos dengan pilihan ukuran yang bervariasi. Untuk baju dengan lengan pendek: Rp. 85.000, sedangkan untuk baju dengan lengan panjang: Rp. 90.000 dan menambahkan biaya tambahan untuk ukuran 2XL : Rp. 5.000. Pre-Order dimulai dari tanggal 5 hingga 17 April 2022.
Pemilihan ketua teras rimba 2022
Pemilihan Ketua Teras Rimba (PKTR) merupakan salah satu musyawarah besar untuk memilih ketua pelaksana Teras Rimba 2022 dan penyerahan Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan Teras Rimba 2021. Musyawarah besar ini dilaksanakan pada hari Senin, 25 April 2022 melalui Video Conference Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh:
– Ketua Departemen Silvikultur, Dr. Ir. Omo Rusdiana, M.Sc;
– Sekretaris Departemen Silvikultur, Dr. Erianto Indra Putra, S.Hut., M.Si;
– Dewan Penasihat Organisasi TGC, Dr. Ir. Cahyo Wibowo, M.Sc.F.Trop;
– Dewan Penasihat Organisasi TGC, Dr. Ir. Irdika Mansur, M.For.Sc;
– Komisi Kemahasiswaan Departemen Silvikultur, Pak Lufthi Rusniarsyah, SP. M.Si;
– Dr. Ir. Elis Nina Herliyana, M.Si;
– Akang dan teteh Angkatan 51-57.

Pemilihan Ketua Teras Rimba ini dilaksanakan dengan khidmat tanpa ada kendala maupun halangan. Dalam PKTR 2022 terdapat dua calon ketua, yaitu Akang Dany Setiawan dan Akang Wildan Mahendra dari Silvikultur angkatan 57. Kedua calon ketua saling melontarkan pernyataan untuk meyakinkan akang teteh dan teman-temannya agar memilih salah satu dari kedua calon ketua tersebut. Setelah itu terdapat sesi diskusi sekaligus musyawarah untuk menentukan ketua Teras Rimba 2022. Sesi diskusi pun berjalan dengan baik dan masing-masing peserta saling berargumen untuk menguatkan calon ketua pilihannya. Pada akhir sesi musyawarah, forum telah sepakat untuk menetapkan akang Dany Setiawan sebagai Ketua Pelaksana Teras Rimba 2022 dengan penilaian yang sudah dilakukan oleh seluruh peserta musyawarah besar Pemilihan Ketua Teras Rimba 2022.

Supaya dapat info lebih terkini terkait TGC jangan lupa ikuti dan pantau terus sosial media TGC ya!! :D
Website: tgc.lk.ipb.ac.id
Linkedin: Tree Grower Community
Youtube: Tree Grower Community TGC
Instagram: @treegrowercommunity
Twitter: @tgcipb
OA Line: @tvm6288b

FAHUTAN! ASIK!
SILVIKULTUR! EVERGREEN!!