//FOREST THERAPY DAN BEBERAPA JENIS POHON YANG DAPAT MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN

FOREST THERAPY DAN BEBERAPA JENIS POHON YANG DAPAT MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN

Forest therapy dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menghabiskan waktu didalam hutan untuk berjalan, melihat pemandangan, atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk relaksasi maupun penyembuhan baik secara fisik ataupun jiwa. Berdasarkan hasil penelitian Hansen et al. (2017), lingkungan yang masih alami diduga dapat memberikan dampak positif terhadap beberapa aspek kesehatan. Salah satu lingkungan alami yang dimaksud disini adalah ekosistem hutan. Hasil dari berbagai rancangan percobaan yang dilakukan untuk mendapatkan bukti pendukung dari dampak positif forest therapy diantaranya menunjukkan bahwa forest therapy mampu menurunkan tingkat rasa sakit, depresi dan meningkatkan kualitas hidup (Quality of Life) secara signifikan. Forest therapy dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meringankan psychological pain dan physiological pain. Hasil rancangan percobaan lainnya juga menunjukkan bahwa dengan melihat pemandangan ekosistem hutan selama 15 menit akan menurunkan emosi negatif yang ada sehingga suasana hati dapat menjadi lebih baik.

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa terdapat efek yang spesifik antara jenis pohon tertentu dengan dampak positifnya. Contohnya seperti pada pohon Birch (Betula platyphylla Suk.) dan pohon Ek (Quercus mongolica Fisch. ex Ledeb) yang berdampak pada penurunan tingkat kecemasan berkaitan dengan detail pribadi, pekerjaan, dan kontak sosial secara signifikan. Sementara itu, pohon mapel (Acer triflorum Komarov) lebih menunjukkan dampak penurunan tingkat kecemasan terhadap minat belajar mahasiswa. Walaupun demikian, ketiga jenis pohon tersebut masih sama-sama berdampak pada penurunan tingkat kecemasan. Penelitian ini juga menunjukan bahwa forest therapy dapat lebih efektif untuk mengurangi tingkat kecemasan pada tingkat dewasa awal atau orang yang berada pada kisaran umur 19-22 tahun. (Guan et al. 2017).

DAFTAR PUSTAKA

Guan H, Wei H, He X, Ren Z, An B. 2017. The tree-species-specific effect of forest bathing on perceived anxiety alleviation of young-adults in urban forests. Annals of Forest Research 60(2) : 1-15.

Hansen MM, Jones R, Tocchini K. 2017. Shinrin-Yoku (Forest Bathing) and Nature Therapy. International Journal of Environment Research and Public Health 14 : 1-37.