//Danish Mayfly, Lalat Capung Denmark dengan Predikat Insect Of The Year 2021

Danish Mayfly, Lalat Capung Denmark dengan Predikat Insect Of The Year 2021

Ephemeroptera sp atau mayflies adalah spesies kecil beragam yang berkaitan dengan air tawar di seluruh dunia. Mereka telah ada selama sekitar 355 juta tahun, dan saat ini hanya sekitar 140 spesies yang tinggal di Eropa Tengah. Karakterisitik Ephemeroptera yang membedakannya dengan larva serangga akuatik lainnya adalah ordo ini memiliki tiga filamen panjang di bagian posterior dan insang yang menyolok pada tujuh segmen perut pertama (Abdilah 2020). Mayflies menyediakan jasa baik secara langsung maupun tidak langsung kepada manusia dan bagian lain dari ekosistem air tawar dan terrestrial.

Menurut Thomas Schmitt, ketua komisi ilmuwan dan perwakilan dari Lembaga penelitian dan organisasi konservasi dari Jerman, Austria dan Swiss berpendapat bahwa yang membuat mayfly unik adalah siklus hidup yang berawal dari telur yang diletakkan di dalam air kemudian menjadi serangga yang mampu terbang dan kawin, dan mati setelah beberapa hari. Seperti yang dikutip oleh McCurdy (2020), larva mayfly memakan waktu satu sampai tiga tahun untuk sepenuhnya berkembang. Selama waktu tersebut, mereka berulang kali menumpuk kulit mereka dan mengembangkan insang yang terlihat, mengolah 20 sampai 30 kali sebelum mampu terbang dan kawin. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari ordo serangga lainnya. Mayfly sepenuhnya berkembang tanpa memiliki mulut atau usus, sehingga mayfly hanya memiliki masa hidup beberapa hari untuk bereproduksi sebelum akhirnya mati.

 

Penulis: Diah Ayu Pramudha Wardhani

 

DAFTAR PUSTAKA

Abdilah MK. 2020. Hubungan antara tipe penggunaan lahan dengan kualitas air hulu Sungai Bedadung Kabupaten Jember berdasarkan indeks biotik ephemeroptera plecoptera dan tricoptera [Skripsi]. Jember (ID) : Universitas Jember.

McCurdy C. 2020. German Entomological Institute names Danish mayfly Insect of the Year. Washington DC (US) : United Press International [Diakses 27 November 2020].

UPI. 2013. German Entomological Institute names Danish mayfly Insect of the Year. URL: https://www.upi.com/Science_News/2020/11/27/German-Entomological-Institute-names-Danish-mayfly-Insect-of-the-Year/3161606512336/. Diakses tanggal 26 April 2021.

 

Sumber gambar: Google.com