//Lodoh, Penyakit Tanaman yang Mematikan

Lodoh, Penyakit Tanaman yang Mematikan

Penyakit rebah kecambah (damping-off) umumnya terjadi pada bibit yang baru saja berkecambah. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan yang hebat, pembusukan, dan kematian bibit. Gejala penyakit damping-off ialah layu, melunaknya bagian tanaman seperti tersiram air panas (lodoh), dan rebah semai hingga mati.

Gejala penyakit lodoh dapat dibedakan dalam empat fase (Semangun 1996) yaitu:

  1. Serangan terjadi pada benih yang baru ditanam dan belum berkecambah, sehingga benih menjadi buruk. Fase ini disebut lodoh benih (Germination loss)
  2. Serangan terjadi pada benih yang sudah berkecambah, tetapi belum sempat muncul di atas tanah, akibatnya kecambah mati dalam tanah. Fase ini disebut lodoh batang (Pre-emergence damping-off).
  3. Serangan terjadi pada benih yang telah berkecambah dan telah muncul di atas tanah. Umumnya fase ini terjadi pada kecambah yang berumur antara 1-4 minggu. Fase ini juga disebut lodoh batang (Post emergence damping-off).
  4. Serangan pada kotiledon dari kecambah yang telah tumbuh di atas tanah. Bagian kotiledon yang terserang menjadi seperti hangus, berwarna hitam pada ujung-ujungnya. Fase ini disebut lodoh tajuk (Top damping-off). Serangan patogen yang terjadi pada kecambah yang bagian hipokotilnya telah mulai berkayu biasanya disebut busuk akar (Root-rot) atau lodoh yang terlambat (Late damping-off)

 

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh berbagai fungi penghuni tanah (Soil born pathogen), antara lain fungi patogen Phytium sp., Rhizoctonia sp., Fusarium sp., Lasiodiplodia sp., Phytophthora sp. dan Cylindrocladium sp. Fungi penyebab penyakit rebah kecambah umumnya bersifat parasit fakultatif artinya dapat hidup sebagai saprofit di atas permukaan tanah, dan berubah menjadi parasit apabila ada tanaman inang dan kondisi lingkungan yang baik untuk pertumbuhan (Anggraeni et al. 2017)

 

Daftar Pustaka

Anggraeni I, Darmawan UW, Ismanto A. 2017. Insiden Penyakit Pada Kecambah Sengon (Falcataria Moluccana (Miq.) Berneby And JW Grimes) Dan Uji Patogenitas. Jurnal Sains Natural 4(2):165-171.

Semangun H. 1996. Pengantar Ilmu Penyakit Tumbuhan. Gajah Mada University Press (ID) : Yogyakarta.

 

Sumber gambar:

https://vegcropshotline.org/article/damping-off-of-vegetables/

 

Penulis: Fathia Rosatika