//Pupuk Kandang
Sumber: https://8villages.com/full/petani/article/id/

Pupuk Kandang

Pupuk kandang merupakan bahan organik dari kotoran hewan yang telah mengalami dekomposisi dan dapat digunakan sebagai pupuk organik. Setiap pupuk kandang mempunyai kandungan unsur hara yang berbeda-beda, karena masing-masing ternak mempunyai sifat khas tersendiri yang ditentukan oleh jenis dan umur ternak, jenis pakan ternak, alas kandang, dan penyimpanan/pengelolaannya. Pupuk kandang ayam mengandung beberapa unsur hara makro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman seperti nitrogen (N), phosfor (P), kalium (K) dan beberapa unsur hara mikro seperti mangan (Mn), kalsium (Ca), besi (Fe) dan beberapa unsur hara yang lain yang dapat membantu dalam produksi tanaman. Pupuk kotoran sapi sifatnya lebih baik dari pada pupuk alam lainnya maupun pupuk buatan, karena merupakan humus yang mengandung senyawa-senyawa organik dan merupakan sumber unsur hara makro yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk kandang kambing mempunyai sifat memperbaiki aerasi tanah, menambah kemampuan tanah menahan unsur hara, meningkatkan kapasitas menahan air, meningkatkan daya sangga tanah, sumber energi bagi mikroorganisme tanah dan sebagai sumber unsur hara. Pupuk kandang kambing mengandung unsur N yang dapat mendorong pertumbuhan organ – organ yang berkaitan dengan fotosintesis yaitu daun.

Penggunaan pupuk kandang sebagai pupuk tanaman merupakan suatu siklus unsur hara yang sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam yang terbarukan. Disisi lain, penggunaan pupuk kandang dapat mengurangi unsur hara yang bersifat racun bagi tanaman. Keuntungan utama penggunaan pupuk kandang selain sebagai sumber hara tanaman adalah dapat memperbaiki kesuburan tanah baik sifat kimia, fisik, dan biologi tanah. Penggunaan pupuk kandang sebagai pupuk bagi tanaman dapat bermanfaat dalam mengurangi pencemaran lingkungan, hal ini dikarenakan pupuk kandang tidak dibuang disembarang tempat yang dapat mengotori lingkungan dan badan perairan umum. Selain itu, penggunaan pupuk bermanfaat dapat mengurangi logam-logam berat yang bersifat racun bagi tanaman dan juga dapat dipergunakan dalam mereklamasi lahan yang tercemar, seperti lahan-lahan bekas tambang.

 

Daftar pustaka

Nurjanah E, Sumardi, Prasetyo.  2020. Pemberian pupuk kandang sebagai pembenah tanah unuk pertumbuhan dan hasil melon (Cucumis melo L.) di ultisol. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia 22(1): 23-30.

 

Penulis: Intan Muhtarimah