//Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata Lindl.)

Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata Lindl.)

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata Lindl.) adalah anggrek simpodial yang memiliki keunikan pada labelumnya yang berwarna hitam. Anggrek hitam terdistribusi secara alami di Papua dan merupakan anggrek endemik yang habitat alaminya adalah di pohon-pohon hutan hujan tropis Kalimantan (Handoyo dan Prasetya, 2006). Anggrek ini banyak dicari untuk dibudidayakan karena bunganya yang indah dan berukuran besar. Kelopak dan mahkota bunga berwarna hijau cerah dengan labelum berbentuk seperti violin berwarna ungu kehitaman sampai hitam dengan beberapa bagian berwarna hijau.

Berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999 yang dikeluarkan pada tanggal 27 Januari 1999 menyatakan bahwa anggrek hitam merupakan jenis anggrek yang dilindungi keberadaannya. Hal ini disebabkan karena konversi penggunaan hutan dan juga kebakaran hutan yang menyebabkan kerusakan habitat alami, serta ditambah dengan adanya pencabutan anggrek-anggrek tersebut untuk dibudidayakan diluar habitatnya, menyebabkan anggrek ini terancam keberadaannya. Anggrek termasuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan karena benih tidak memiliki endosperm sehingga sulit untuk tumbuh di alam. Kendala yang dihadapi dalam perbanyakan anggrek hitam secara konvensional sebagai upaya konservasi adalah periode berbunganya yang sangat cepat dan bunga yang relatif sulit untuk disilangkan atau dibastarkan (Arditti 1992).

Salah satu cara untuk memelihara dan melindungi sumber genetik tersebut adalah dengan menemukan cara yang tepat untuk menyimpan sebanyak mungkin gen dalam waktu yang lama. Penyimpanan material tumbuh sangat berguna untuk spesies-spesies yang cepat punah, baik itu karena kegagalan perkawinan silang, kondisi iklim maupun disebabkan oleh kesalahan manusia dalam melakukan konservasi (Arditti dan Ernst 1993).

 

Daftar Pustaka:

Arditti J. 1992. Fundamentals of Orchid Biology. California(US):John Wiley & Sons, Inc. Arditti J, Ernst R. 1993. Micropropagation of Orchids. Irivine(US): Department of Developmental and Cell Biology, University of California.

Handoyo F, Prasetya R. 2006. Native Orchids of Indonesia. Jakarta (ID): Indonesian Orchid

Society of Jakarta Pp: 244

 

Sumber gambar: www.orchidweb.com

 

Penulis: Handi Satriawan