//Si Ganas Ambrosia

Si Ganas Ambrosia

Kumbang Ambrosia atau dikenal dengan nama ilmiah Platypus trepanatus Chap. adalah jenis kumbang yang termasuk kedalam hama hutan, dimana ia adalah penggerek kayu, dan merupakan serangga penggerek paling ganas yang menyerang pohon yang baru saja ditebang (Sukaratna et al. 1998). Kumbang ini dibagi menjadi 2 famili, yaitu: Scolytidae dan Paltypodidae, dengan total spesies yang diketahui saat ini sekitar 7.400 spesies (Kirkendall et al. 2015). Di Indonesia, terdapat beberapa spesies kumbang Ambrosia yang telah menyerang tanaman tegakan hutan, seperti: dolok Ramin (Gonystylus bancanus) dan dolok Pinus (Pinus merkusii). Sedangkan pada ekosistem perkebunan, kumbang ini juga menyerang tanaman kopi seperti kumbang berfamili Scolytidae. Serangan kumbang ini sungguh dapat merugikan secara ekonomi dan mengganggu aktivitas budidaya tanaman kopi serta tanaman kehutanan. Seperti pada gambar dibawah ini adalah tanda serangan kumbang ambrosia pada sistem kayu yang sudah terbelah.

Gambar 1 Kumbang Ambrosia

Gambar 2 Kotoran rayap kayu kering yang berbentuk butiran granular

Pramayshela (2018) menyatakan sistem galeri yang dibentuk oleh kumbang ini dapat mengganggu aktivitas penyaluran nutrsi, sehingga serangan kumbang ini dapat menyebabkan kematian pada tanaman yang ditandai dengan jumlah lubang serta frass (kotoran rayap kayu kering yang berbentuk butiran granular dan sering bervariasi dalam warna) yang banyak, serta kita bisa melihat batang atau cabang yang terserang menunjukkan gejala sekarat dan seluruh daun gugur (Pramayshela 2018). Pengendalian kumbang ambrosia dapat dilakukan melalui pemusnahan sumber infeksi dengan cara memangkas kemudian membakar cabang–cabang atau ranting kering.

 

Penulis: Richard Andreas Salindeho

Daftar Pustaka

Sukaratna P, Martawijaya A, Martono D. 1989. Respon kumbang ambrosiaa terhadap perlakuan dengan pestisida. Jurnal Penelitian Hasil Hutan 6(1): 12-17.

Kirkendall LR, Biedermann PH,Jordal BH. 2015. Evolution  and Diversity of Bark and Ambrosia Beetles. Bark Beetles Biology and Ecology of Native and Invasive Spesies. Hlm: 85–156.

Pramayshela R. 2018. Keanekaragaman kumbang abrosia pada tanaman kopi multistrata di Kota Batu, Jawa Timur [skripsi]. Malang (ID): Universitas Brawijaya.