//Nine Year Flower

Nine Year Flower

Anggota famili Acanthaceae dengan nama ilmiah Strobilanthes cernua ini dikenal sebagai bunga yang mekar setiap 9 tahun sekali. Famili Acanthaceae merupakan famili yang tersebar di iklim tropis hingga subtropis dan memang terkenal sebagai tanaman yang fenologinya masih banyak diteliti. Sifat fenologi yang pluriannual (membutuhkan waktu lama untuk berbunga) dan monocarpic (setelah bereproduksi secara generatif akan mati) tertulis dalam buku Van Steenis yang berjudul “Flora Pegunungan Jawa” sebagai nine years plant yang periode pembungaannya konstan dari tahun 1902 hingga 1956.

Gambar 1 Strobilanthes cernua (sumber: projectnoah.org)

Nine years flower  yang teramati pernah tumbuh dan berbunga di Indonesia khususnya di Jawa Barat berada di Papandayan, Ciremai, Masigit-Kareumbi dan Gede-Pangrango di zona sub-montana dengan nama lokal bubukuan bodas. Penelitian mengenai perkembangbiakan generatif S.cernua di National Institut for Basic Biology (NIBB) dan perbanyakan vegetatif di Botanical Garden University of Tokyo di Jepang menunjukkan bahwa banyak faktor mempengaruhi periode pembungaan S.cernua. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidak mutlak jangka waktu pembungaan S.cernua  9 tahun. Pembungaan akan terjadi sebelum tahun kesembilan apabila potensi genetik S.cernua dan lingkungan tumbuhnya mendukung.

Gambar 2 S. cernua di Jawa Barat (Sumber: Forest Jarvis/inaturalist)

 

Penulis: Meta Dwi Yanti

Daftar Pustaka

Tsukaya K, Kakishima S, Hidayat A, Murata J, Okada H.  2011.  Flowering phenology of nine-year plant, Strobilanthes cernua (Acanthaceae).  Tropics 20(3): 79-85.