//BAOBAB

BAOBAB

Pohon baobab atau ki tambleg merupakan nama umum dari genus Adansonia yang terdiri dari delapan spesies. Nama Adansonia diambil dari nama yaitu Michael Adanson, seorang pecinta alam dan penjelajah dari Perancis yang menemukan Adansonia digitata. Pohon baobab merupakan jenis pohon yang berasal dari daratan Afrika, Arab, Madagaskar dan Australia. Di beberapa tempat pohon ini juga mempunyai sebutan lain, yaitu boab atau boaboa.

Gambar 1 Pohon Baobab (sumber: www.britannica.com)

 

Gambar 2 Tegakan Baobab (sumber: www.britannica.com)

Tinggi pohon baobab bervariasi antara 18 meter hingga 25 meter. Pohon baobab mampu menyimpan cadangan air di dalam batangnya yang memiliki diameter 2 meter hingga 10 meter yang memiliki kapasitas tampung hingga 120.000 liter. Simpanan air ini merupakan cadangan untuk tetap bertahan hidup dalam kondisi habitat yang kering dan gersang. Pohon baobab diperkirakan dapat hidup lebih dari 1000 tahun.

Gambar 3 Pohon Baobab (sumber: www.britannica.com)

Pohon baobab memiliki kemampuan luar biasa untuk menahan kekeringan parah dan kebakaran, dua dari bahaya utama untuk kehidupan tanaman di daerah kering Afrika. Rontoknya daun lebih awal merupakan alat penghemat air bagi banyak jenis tumbuhan di daerah dengan curah hujan rendah seperti pada pohon baobab yang ada di Afrika. Batang pohon baobab akan berkontraksi ketika lingkungan menjadi kering dan mengembang di musim hujan. Peningkatan yang nyata pada keliling batang pohon baobab setelah hujan lebat, setelah menghadapi kekeringan yang cukup lama di Afrika Selatan. Batang baobab tertutup oleh kulit kayu tebal yang tahan terhadap api dengan kekuatan regeneratif yang tinggi. Regenerasi menghasilkan integumen tidak rata yang menebal, yang memberi penampilan yang menyerupai kulit gajah.

Pohon baobab memiliki beragam manfaat. Daun muda banyak digunakan untuk dimasak, dikeringkan, dan digunakan untuk saus di atas bubur, butiran biji-bijian yang kental, atau nasi rebus. Daging buah kering dan bertepung yang digunakan dalam minuman dingin dan panas. Pulp bisa dilarutkan dalam air atau susu dan cairannya digunakan sebagai minuman, sebagai saus makanan, dan sebagai agen fermentasi pembuatan bir lokal. Daun dan daging buah pohon baobab digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai antipiretik atau obat penurun panas untuk mengatasi demam. Daging buah dan biji digunakan untuk mengobati penyakit disentri. Di Afrika Timur, batangnya dilubangi untuk menyediakan berbagai tempat berlindung dan ruang penyimpanan. Di Afrika Barat, khususnya di Senegal dan di Zimbabwe, ruang seperti itu telah digunakan sebagai kuburan.

 

Penulis: Muhammad Reza Triatmojo

Daftar Pustaka

Sidibe M, Williams JT. 2002. Baobab Adansonia digitata L. Southampton (UK) : International Centre for Underutilised Crops University of Southampton.