//Glasswing Butterfly

Glasswing Butterfly

Dalam bahasa inggris, kupu-kupu sayap kaca sering disebut glasswing butterfly. Kupu kupu ini memiliki sayap transparan alias bening seperti kaca. Bila terkena sinar matahari, sayap itu akan berkilau merah, hijau, oranye, dan kebiruan seperti gelembung sabun yang transparan.

Gambar 1 Glasswing butterfly (sumber: https://id.pinterest.com/)

Di Kosta Rika, kupu-kupu cantik tersebut dinamai espejitos, yang berarti cermin.
Semua jenis kupu-kupu bersayap transparan, namun terdiri dari sisik-sisik yang memiliki pigmen warna tertentu, yang membuatnya berwarna sesuai dengan warna pigmen yang dikandungnya. Sedangkan kupu-kupu sayap kaca memiliki sisik sayap yang tipis dan hampir tidak ada, sehingga terkesan bening seperti kaca/transparan. Kamuflase sayap ini sering digunakan untuk mengelabui pemangsanya. Saat dewasa, kupu-kupu ini meminum nektar bunga-bunga tertentu (Asteraceae dan Boraginaceae).

Gambar 2 Glasswing butterfly hinggap di daun (sumber: https://id.pinterest.com/)

Tubuh kupu-kupu menyerap bahan kimia dari nektar yang mengandung senyawa alkaloid sehingga membuat kupu-kupu terasa pahit untuk mencegah pemangsa memakannya. Mereka juga menggunakan alkaloid untuk menghasilkan feromon seks.
Kupu-kupu sayap kaca bisa ditemukan di Meksiko, Panama, Ekuador, Kosta Rika, Venezuela, Kolombia, Peru, dan Bolivia. Serangga pemakan nektar ini banyak ditemukan di Pegunungan Andes pada ketinggian 1400 meter.

 

Sumber gambar:

id.pinterest.com

 

Daftar pustaka:

Chacon, Insidro, Montero, Jose. 2007. Butterflies ang moths of Costa Rica. Costa Rica(CR): Instituto Nacional de Biodiversidad.