/Guano

Guano

sumber: https://www.ebay.com/itm/332203968506
sumber: https://www.ebay.com/itm/332203968506

Guano adalah bahan organik yang bersumber dari kotoran kelelawar dan burung laut dan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman, fungisida, nematosida dan aktivator kompos (Shetty et.al 2013). Pupuk guano juga telah digunakan sejak abad Sembilan belas dan menjadi komoditi ekspor Indonesia melalui PT Central Java Organic Guano dan PT Madura Guano Industry. Komponen utama guano terdiri dari  unsur N, P, serta Ca dan komponen tambahannya ialah K, Mg, serta S. Guano nitrogen maupun guano fosfat merupakan pupuk organik yang penting karena kadar N dalam guano nitrogen dan kadar P dalam guano fosfat jauh lebih tinggi daripada yang terdapat dalam pupuk kandang, Iimbah pertanian, maupun sampah kota (Suwarno dan Idris 2007). Pengaruh langsung pemberian guano sebagai sumber utama P organik akan menambah P ke dalam tanah, sedangkan pengaruh tidak langsung adalah melalui pelepasan P dari kompleks mineral dan kompleks adsorpsi tanah (Sufardi 2012). Guano dapat menjadi salah satu solusi untuk memenuhi jumlah permintaan pupuk urea di Indonesia yang mencapai 5.731.700 ton, oleh karena itu pemerintah melalui Direktorat Sumber Daya Mineral melakukan eksplorasi sejak tahun 1919 untuk mencari sumber deposit guano. Deposit guano di Indonesia tersebar luas di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, serta Irian Jaya, dan umumnya berupa deposit gua dengan cadangan guano ribuan sampai ratusan ribu ton, bahkan deposit guano pulau yang ditemukan di dekat Semarang merupakan suatu deposit besar dengan total deposit mencapai 10 juta ton (Suwarno dan Idris 2007).

2
sumber: https://www.gardeningknowhow.com/composting/manures/bat-guano-fertilizer.htm
sumber: https://www.jardineriaon.com/guano-de-murcielago.html/amp
sumber: https://www.jardineriaon.com/guano-de-murcielago.html/amp

Pengaruh langsung adalah dengan pemberian guano sebagai sumber utama P organik akan menambah P ke dalam tanah (Sufardi, 2012), sedangkan pengaruh tidak langsung adalah melalui pelepasan P dari kompleks mineral dan kompleks adsorpsi tanah.

sumber: https://batguanosellers.blogspot.com/2018/10/news.html?spref=pi
sumber: https://batguanosellers.blogspot.com/2018/10/news.html?spref=pi

DAFTAR PUSTAKA

Suwarno dan K. Idris. 2007. Potensi dan kemungkinan penggunaan guano secara langsung sebagai pupuk di Indonesia. Jurnal Tanah dan Lingkungan 9 (1): 37 – 43.

Sufardi. 2012. Pengantar Nutrisi Tanaman. Banda Aceh (ID): Syiah Kuala University Press.

Shetty S, Sreepada KS, Bhat R.2013. Effect of bat guano on the growth of Vigna radiata L. International Journal of Scientific and Research Publications 3(3): 1-8.