//NGO OF-UK SOSIALISASIKAN BEASISWA UNTUK MAHASISWA KEHUTANAN

NGO OF-UK SOSIALISASIKAN BEASISWA UNTUK MAHASISWA KEHUTANAN

ngo

[Kamis, 13 April 2017]-Fakultas Kehutanan telah kedatangan tamu dari lembaga pengelola orangutan Taman Nasional Tanjung Puting yaitu NGO OF-UK (Orangutan Foundation United Kingdom). NGO ini merupakan persatuan organisasi yang menjalankan tugas untuk melestarikan orangutan yang habitatnya terancam punah. NGO ini telah didirikan sejak tahun 1990 dan beragam program telah dikembangkan. Stakeholder dalam pelaksanaan programnya yaitu termasuk masyarakat lokal, LSM akar rumput, bisnis lokal dan pemerintah daerah.

Kunjungan dilaksanakan di Ruang Sidang Sylva (RSS) Fakultas Kehutanan. Kedatangan tim NGO ini tidak lain untuk mensosialisasikan programnya yang bermitra dengan mahasiswa. Salah satu program yang dijalankan yaitu Orangutan Foundation.  Orangutan Foundation merupakan sebuah beasiswa yang diprogramkan oleh NGO ini kepada mahasiswa yang akan menjalankan penelitian.  Di sela-sela sosialisasi mengenai Orangutan Foundation, pihak NGO juga memberikan kilas info mengenai kehidupan orangutan di kawasan Tanjung Puting.

Pihak NGO mengatakan bahwa di kawasan tersebut orangutan benar-benar diakui keberadaannya. Kehidupan orangutan di kawasan ini sudah selayaknya kehidupan manusia yaitu dapat dijumpai dari kebiasaan orangutan yang suka membuat sarang pohon, kebiasaan memanjat sampai ada pembuatan sekolah khusus orangutan untuk memberikan pendidikan bagi orangutan tersebut. Pemerintah Kalimantan pun hingga saat ini sedang mengkaji orangutan supaya lebih fleksibel dan harus tersebar di beberapa daerah di sudut-sudut Kalimantan atau tidak terpusat di Kalimantan Tengah saja.

Beberapa perwakilan mahasiswa dari himpunan profesi Tree Groer Community dan dosen dari Departemen Silvikultur turut hadir dalam kegiatan sosialisasi dari tim NGO OF-UK ini, juga beberapa civitas yang ada di Fakultas Kehutanan. Sebuah kehormatan bagi warga Fakultas Kehutanan telah mendapat kunjungan untuk kegiatan sosialisasi ini termasuk Tree Grower Community. Selain mendapatkan informasi terkait beasiswa, Tree Grower Community juga menggali sedikit informasi terkait Taman Nasional Tanjung Puting yang sebagian dikelola oleh NGO ini untuk dijadikan referensi sebagai rencana lokasi pelaksanaan Eksflorasi mendatang.