//Save Mangrove for Our Earth

Save Mangrove for Our Earth

Tree Grower Community sebagai Himpunan Profesi Mahasiswa Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB untuk kesekian kalinya akan melakukan aksi kepedulian terhadap lingkungan melalui kegiatan seminar dan penanaman mangrove. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam mempertahankan dan mengembalikan kembali fungsi hutan mangrove. Di samping itu, kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah yang jatuh pada tanggal 2 Februari.

Acara ini bertemakan “Penyelamatan ekosistem mangrove dalam mewujudkan kelestarian hutan, dan berkontribusi dalam menekan pemanasan global (Global Warming)”

  • Seminar Nasional

Seminar nasional yang akan dilaksanakan bertemakan “Restorasi Mangrove sebagai Usaha Penyelamatan Kawasan Pesisir Indonesia”. Acara ini akan menghadirkan pembicara-pembicara yang berkompetensi dibidang mangrove dan wilayah pesisir. Berikut adalah daftar pembicara beserta sub tema seminar :

Sesi I :

1.      Dr. Ir. Harry Santoso (Dirjen Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial) “Kondisi Umum Hutan Mangrove di Indonesia”

2.      Dr. Sudirman Saad, S.H, M.Hum (Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil)“Pengelolaan Mangrove dalam Mendukung Pembangunan Kelautan dan Perikanan”

3.      Ir. Nyoman Suryadiputra (Direktur Wetlands International-Indonesia Programme) “Review Kegiatan Rehabilitasi Mangrove di Indonesia”

Sesi II :

1.      Dr. Ir. Rr. Endah Murniningtyas, M.Sc. (Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup) “Kebijakan Nasional Perencanaan Pengelolaan Mangrove”

2.      Prof. Dr. Ir. Cecep Kusmana, MS (Ahli Mangrove Indonesia dan Guru Besar IPB “Teknik Pengelolaan Mangrove yang Berkelanjutan)

3.      Ir. Ahmad Faisal Siregar (Anggota Staf Ahli Kelompok Kerja Mangrove Nasional) “Strategi Nasional Pengelolaan Mangrove di Indonesia)

  • Penanaman dan Pemeliharaan Mangrove

Penanaman mangrove adalah aksi nyata usaha penyelamatan lingkungan dengan target 3000 bibit. Acara ini tidak hanya acara ceremonial, tetapi diikuti dengan kegiatan pemeliharaan untuk waktu 1 tahun ke depan.

1.      Penanaman Mangrove

Kegiatan penanaman akan dilakukan secara bertahap. Penanaman tahap pertama akan dilaksanakan pada 23 Januari 2011, yakni penanaman 500 bibit jenis Rhizophora sp. Luasan areal yang digunakan + 125 m2 dengan jarak tanam ½ m. . Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, yaitu anak sekolah, mahasiswa, komunitas peduli mangrove, masyarakat dan juga instansi-instansi terkait dengan target jumlah peserta sebanyak 300 orang. Peserta akan diberangkatkan dari IPB menuju lokasi penanaman (Ekowisata Mangrove) dengan trasnportasi berupa bus.

Penanaman lanjutan direncanakan pada Maret dan Juli 2011 dengan target 2500 bibit. Areal yang digunakan berlokasi di Jalur Hijau Tol Soediyatmo dengan luasan sekitar 625 m2. Khusus penanaman ini akan dilaksanakan oleh panitia sejumlah 50 orang.

2.      Pemeliharaan

Kegiatan pemeliharan setelah penanaman dilakukan demi kelangsungan hidup bibit yang telah ditanam. Adapun bentuk kegiatannya, seperti pembersihan areal tanam dari sampah dan gulma serta penyulaman. Pemeliharaan ini dilakukan untuk periode 1 tahun.

  • Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Sabtu, 22 Januari 2011

Kegiatan  : Seminar Nasional Mangrove

Pukul      : 08.00-16.00

Tempat   : Auditorium Andi Hakim Nasution IPB

Minggu, 23 Januari 2011

Kegiatan  : Penanaman Mangrove

Pukul      : 07.00-13.00

Tempat   : Kawasan Mangrove Tol Sedyatmo (Kapuk Muara)

Contact Person :

Indah (085789817038)

Rusdi (08561161817)

TAGS: